PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KOTA SAWAHLUNTO

Afnita Afnita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menjelaskan proses peningkatan keterampilan menulis teks cerita inspiratif melalui model Discovery Learning siswa kelas IX.A SMPN 1 Kota Sawahlunto, dan 2) menjelaskan hasil peningkatan keterampilan menulis teks cerita inspiratif melalui model Discovery Learning siswa kelas IX.A SMPN 1 Kota Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pelaksanaannya terbagi atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan pembelajaran menulis teks cerita inspiratif dilaksanakan melalui model Discovery Learning. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan dari pengamatan dan catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja siswa dalam menulis teks cerita inspiratif. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitafif berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX.A SMPN 1 Kota Sawahlunto tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks cerita inspiratif melalui model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks cerita inspiratif dari siklus I ke siklus II. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I berjumlah 27 orang, dan 5 orang belum tuntas. Pada siklus II meningkat menjadi 32 orang, atau siswa tuntas 100%. Nilai rata-rata kelas 79,65 pada siklus I dan pada siklus II meningkat jadi 91,15. Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebanyak 11,5. Peningkatan ini didukung oleh kehadiran siswa yang selalu lengkap 32 orang, dan penggunaan model Discovery Learning menunjang siswa berpikir secara logis, kritis, dan sistematis dalam menulis teks cerita inspiratif. Kata Kunci: Menulis, Teks Cerita Inspiratif, Model Discovery Learning

 


Full Text:

PDF

References


Agus Irianto. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif PAKEM. Padang : Universitas Negeri Padang.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2012). Model-model Pembelaja-ran (Edisi kedua). Jakarta: Raja Grafindo

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Semi, M. Atar. (2007). Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soenardji. (1998). Asas-asas Menulis. Semarang: IKIP Semarang Press.

Thahar, Haris Efendi. (2008). Menulis Kreatif Panduan Bagi Pemula. Padang: UNP Press.


Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.