INSTAGRAM SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS BLENDED LEARNING: KAJIAN PENDAHULUAN

Bhramastya Sandy Hargita

Abstract


Media pembelajaran sejatinya sangatlah berperan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran secara berbavariasi selain dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik juga dapat membuat pembelajaran lebih bermakna. Saat ini, dunia tengah memasuki era revolusi industri 4.0. Seluruh kegiatan manusia juga bersinggungan dengan platform digital, tak terkecuali dunia pendidikan. Di era sekarang, rata-rata siswa telah memakai gawai pintar dan sebagai pendidik kita harus piawai memanfaatkan peluang tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu aplikasi dalam gawai pintar yang dapat digunakan dalam pembelajaran ialah Instagram. Tentunya instagram tidak hanya dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar bertatap muka, namun juga kegiatan belajar mengajar kombinasi (model blended learning). Sejauh ini, banyak akun-akun instagram yang menyebarkan informasi pada khalayak ramai dan berperan sebagai media pembelajaran serta sarana diskusi online. Jadi, yang menjadi fokus pembahasan makalah ini ialah instagram sebagai inovasi media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis blended learning. Kata Kunci: Media pembelajaran, blended learning, instagram

 


Full Text:

PDF

References


Alwi, Zahra dkk. (2018). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Pendekatan Saintifik. Palembang: Noer Fikri.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Alyan dan Junaidi. 2016. “Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat”. Dalam http://ejournal.poltegal.ac.id./index.php.prosiding/article.view/356.Diakses pada 17 Maret 2019.

Husamah. 2013. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Hasil Pustaka.

Lindani, Agnisa Ria. 2016. Potensi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas.Makalah.Dalam http://repository.uwks.edu/bitsream?123456789/13995 diakses pada 16 Maret 2019.

Mulyatiningsih, E. (2010). Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.Jawa Barat: Di P4tk Bisnis dan Pariwisata.

Maruf, Moh. Ali. 2017. Analisa Penggunaan Instagram Sebagai Media Informasi Kabupaten Nganjuk.Skripsi.Dalam http://digilib.uin-suka.ac.id/28509/1/10730070 diakses pada 17 Maret 2019.

Suryaman, Maman. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press

Subadiyono, Ernalida, Lestari. 2018. Pengembangan media pembelajaran menulis teks cerpen berbasis aplikasi line@ sma negeri 1 tanjung batu kabupaten ogan ilir.Logat 5(1)78—91.

Tegeh, I Made dkk. 2009. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yaumi, Muhammad. 2017. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakara: Prenada Media Grup


Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.