PENGARUH KAIDAH RESPONS PEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (KRPDPBI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NILAI TANGGUNG JAWAB

Alpansyah Alpansyah

Abstract


ABSTRAK Ada dua masalah dalam penelitian ini. Pertama, peningkatan pemahaman siswa terhadap nilai tanggung jawab melalui penggunaan kaidah respons pembaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (KRPDPBI). Kedua, perbedaan antara siswa lelaki (L) dengan siswa perempuan (P) dalam pemahaman siswa terhadap nilai tanggung jawab melalui penggunaan kaidah respons pembaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (KRPDPBI) . Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi bahwa peningkatan pemahaman siswa terhadap nilai tanggung jawab melalui penggunaan kaidah respons pembaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (KRPDPBI); (2) mengidentifikasi bahwa penggunaan kaidah repons pembaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (KRPDPBI) terdapat perbedaan antara siswa lelaki (L) dengan siswa perempuan (P). Desain penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan dua metode yang berbeda. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMP Negeri di Kabupaten Ogan Ilir, dengan sampel siswa kelas IX SMP A sebagai kelompok eksperimen dan siwa kelas IX SMP B sebagai kelompok kontrol. Terhadap kelompok eksperimen diberikan pembelajaran berdasarkan KRPDPBI sedangkan terhadap kelompok kontrol diberkan kaidah pembelajaran biasa menurut kurikulum. Analisis data dilakukan melalui uji statistik SPSS ver. 23 dalam bentuk paired sample t-test untuk membandingkan skor rata-rata dari pre test dan post test dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan independen t-test untuk menentukan skor rata-rata skor kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pencapaian skor pemahaman nilai ketanggung jawab untuk siswa yang diajar dengan KRPDPBI lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa menurut kurikulum: (2) pencapaian pemahaman nilai tanggung jawab siswa laki-laki (L) tidak lebih baik dibandingkan dengan siswa perempuan (P). Kata kunci: kaidah respons pembaca, nilai tanggung jawab, pembelajaran Bahasa Indonesia, eksperimen.

 


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

________ 2006. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Janjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Beach, Richard. W dan James D. Marsall. 1991. Teaching Literature in The Scondary School. San Diego New York: Harourt Jovanovich Publishers.

Benninga, S. Jacques. 1991. Moral, Character, and Civic Education in the Elementary School. America: Teachers College Press

Bogdan, R.C., & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Reseacrh for Education: An Introduction tp Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Budimansyah, Dasim. dkk. 2010. Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Bandung: PT Genesindo.

Ilahi. Muhammad Takdir. 2014. Gagalnya Pendidikan Karakter: Analisis & Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

M.S., Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekiniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nordin, Abu Bakar & Ikhsan Othman. 2008. Falsafah Pendidikan dan Kurikulum. Tanjung Malim: Quantum Books.

Rudy, Rita I. 2005. Model Respons Nonverbal dan Verbal dalam Pembelajaran Sastra untuk Mengembangkan Keterampilan Menulis Siswa SD: Studi Kuasi-Eksperimen di SD Negeri ASMI I, III, V Kota Bandung Tahun Ajaran 2003/2004. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana UPI.

Umaroh, Zakiah. 2013. “ Kenakalan Remaja”. http://jurnalilmia htp2013. blogspot. com. Diunduh 20 Juni 2018.


Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.