KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA PAGARALAM

Henny Nopriani

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Pagaralam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi analisis. Sampel penelitian berjumlah 157 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa bevariasi dengan kategori baik, cukup, dan kurang. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata siswa dalam menulis teks eksposisi. SMA PGRI Pagaralam nilai rata-rata 63,38. SMA Muhammadiyah Pagaralam dengan nilai rata-rata 63,52. SMA Negeri 1 Pagaralam nilai rata-rata 69,72. SMA Negeri 2 Pagaralam dengan nilai rata-rata 60,37, SMA Negeri 4 Pagaralam rata-rata 67,9. Sementara itu, kemampuan menulis di SMA PGRI Pagaralam 5 orang mendapatkan nilai kurang, 18 orang siswa mendapatkan nilai dengan ketegori cukup, 8 orang siswa dengan ketegori baik. SMA muhammadiyah Pagaralam diketahui kemampuan menulis teks eksposisi yaitu 3 orang siswa mendapkan nilai dengan kategori baik, 22 siswa dengan kategori cukup, dan 2 orang siswa dengan kategori kurang. Selanjutnya,kemampuan menulis teks eksposisi di SMA Negeri 1 Pagaralam yaitu 27 siswa mendapatkan nilai dengan kategori baik, 9 orang siswa mendapatkan nilai cukup. Sementara itu, kemampuan SMA Negeri 2 Pagaralam yaitu 8 siswa mendapakan nilai dengan kategori baik, 10 orang siswa dengan kategori cukup, dan 9 siswa dengan kategori kurang. Sedangkan kemampuan SMA Negeri 4 Pagaralam dalam menulis teks eksposisi yaitu 21 siswa mendapatkan nilai kategori baik, 13 siswa mendapatkan nilai dengan ketegori cukup, dan 2 orang siswa dengan kategori kurang. Kata kunci: kemampuan, menulis, eksposisi. ABSTRACT This study aims to describe the ability of class X students of Pagaralam high school. The method used in this research is analytical description. The research sample of this research is157 students. Data collection techniques using the test. The results showed the ability of students to write exposition texts varied with good, good, enough, less categories. The everage score of studens of SMA PGRI was 63,38. SMA Muhammadiyah Pagaralam was 63,52. SMA 1 Pagaralam was 69,72. SMA 2 was 60,37.SMA Negeri 4 was 67,9 mean while the result of students writing ability in SMA PGRI Pagaralam, swowed that 5studens get good category, 18 students get enough score. 8 students good category. SMA Muhammadiyah Pagaralam, score that 3 studensgt good category. 22 studens get enaoug category and only 2 students get low category. Furthermore, the ability to write exposition text in SMA 1 Pagaralam27 students get good category, 9 students got enough category. The ability to write exposition text in SMA Negeri 2 Pagaralam 27 students get good, 9 students got enough grades. Furteermone, students writing ability in SMA Negeri 2 Pagaralam show that there me 9 studens get 8 good category, 10 students get good category, and 9 student get low category, men while students in SMA Negeri 4 show that there we 21 students good category, 13 Students get enough category and only 2 students get low category.

 


Full Text:

PDF

References


Awalludin dan Yunda Lestari. (2017). Pengembangan Keterampilan Menulis. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 121–130.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Djatmika. (2018). Mengenal Teks & cara pembelajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djumingin. (2017). Teks Eksposisi dan Perangkatnya. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Hartawan Edy Agus, Ida Bagus Putrayasa, I. W. A. (2015). Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Di SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra IIndonesia, 3(1).

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawan, D. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2012). Kualitatif dan R & D; Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Silabus.(2017). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. SeKolah Menengah Atas 3 Pagaralam

Zulfa Hasanah, Yasnur Asri, & A. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra IIndonesia, Vol, 5m No(September), 574–580.


Article Metrics

Abstract view : 1117 times
PDF - 586 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.