PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DI SMA NEGERI 1 PENDOPO

Fernando Onas

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh model Learning Cycle 5E dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi di SMA Negeri 1 Pendopo. Adapun prosedur penelitian menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33 siswa dan kelas X.E dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program Statiscial Product and Service Solution SPSS 20. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil yang menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen adalah 49,17 kemudian pada tes akhir 70,33. Pada kelas kontrol rata-rata nilai tes awal adalah 57,00 kemudian pada tes akhir 60,83. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung>ttabel = 3,923 > 1,672 dengan df = 58 pada tingkat keberhasilan 95% (α = 0,025). Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “ada perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang diajar dengan model Learning Cycle 5E dan siswa yang diajak dengan model konvensional, diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pendopo.


Full Text:

PDF

References


Apriani, Putri. 2010. “Keefektifan Metode Sugesti Imajinasi dengan Media Lagu dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Palembang”. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Deporter, Hernacki. 2005. Quantum Learning: Membiasakan Belajar, Nyaman, dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Dewi Cahyani, Euis. 2016. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Palembang: Universitas Sriwijaya.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafinfo Persada.

Nova, Satria. 2011. Agar Menulis Seenteng Bicara. Yogyakarta: Lukita.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.