PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI SMA NEGERI 1 PARITTIGA

Umiyatun Umiyatun

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa di SMA Negeri 1 Parittiga. Adapun prosedur penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaannya meliputi 1) penyusunan perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. PTK ini dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Parittiga yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, studi dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, ada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata siswa yang tuntas. Pada prasiklus siswa yang tuntas sebesar 40,91. Pada siklus I diperoleh sebesar 63,64 sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup mampu. Berikutnya pada siklus II juga terjadi peningkatan. Rata-rata siswa yang tuntas sebesar 72,73 sehingga hasil belajar siswa mengalami kemajuan. Tetapi hal ini dirasa belum cukup karena jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥80 masih belum melampaui target yang diinginkan guru sehingga perlu dilaksanakan siklus III. Pada siklus III diperoleh rata-rata siswa yang tuntas sebesar 81,82. Kedua, siswa memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prilaku siswa yang berkaitan dengan keaktifan siswa, prilaku karakter bangsa, dan sikap antusias. Kesimpulannya yaitu penggunaan media gambar berseri cukup layak dipergunakan sebagai media pembelajaran bagi guru dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa.


Full Text:

PDF

References


Hayati, Nurul. (2013). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1:1—7.

Huda, Amirul Fatkhan. (2016). Pengertian media gambar berseri. https://fatkhan.we.id/category/pembelajaran/metode/. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2016.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.

Sundari. (2015). Kemahiran menulis cerpen dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas X sekolah menengah atas negeri 4 Bintan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Tanjung Pinang: FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian tindakan kelas: sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Tim Penyusun. (2010). Kamus besar bahasa indonesia edisi keempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud RI.

Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wicaksono, Andri. (2014). Menulis kreatif sastra dan beberapa model pembelajarannya. Garudhawaca.

Widyamartaya, A. (2002). Menulis narasi dan deskripsi. Jakarta: Gramedia.

Wiyanto, Asul. (2004). Terampil menulis paragraf. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, Henry Guntur. (2002). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.