PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO SISWA KELAS V SD 1-10 KARTIKA PADANG

Afnita Afnita, Atmazaki Atmazaki, Novrianti Novrianti

Abstract


Penelitian ini merupakan hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat "Peningkatan Kinerja Guru SD Kartika 1-10 dan 1-11 Padang”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Kartika 1-10 Padang dengan menggunakan media audio (tape recorder). Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan menulis narasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan menggunakan media audio, dapat dilihat peningkatan pada tahap prapenulisan siklus I pertemuan I adalah 62 dan pertemuan II adalah 69 dengan kualifikasi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 85 dengan kualifikasi baik dimana keseriusan, keaktifan dan kreatifitas siswa membuat kerangka karangan semakin meningkat. Kemudian tahap penulisan siklus I pertemuan I adalah 66 dan pertemuan II meningkat menjadi 72 dengan kualifikasi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 87 dengan kualifikasi baik, pilihan kata, ejaan, tanda baca, alur dan kesesuaian judul tulisan siswa semakin baik. Pada tahap pascapenulisan siklus I pertemuan I adalah 67 dan pertemuan II adalah 72 dengan kualifikasi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 87 dengan kualifikasi baik, dimana kebersihan, kerapian dan kreatifitas siswa menyusun mading semakin meningkat.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.