PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KONTEKS

Atmazaki Atmazaki, Afnita Afnita, Farel Olva Zuve

Abstract


Membaca merupakan aspek esensial dalam upaya menciptakaan masyarakat yang literat, yaitu masyarakat yang mampu memanfaatkan bacaan untuk memperkaya rohani dan meningkatkan kualitas hidupnya. Menyadari akan pentingnya arti membaca bagi kehidupan maka kebiasaan membaca harus dipupuk dan ditumbuhkembangkan sedini mungkin. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media yang mampu menimbulkan motivasi dan keinginan anak untuk membaca.Salah satunya dengan membuat bahan ajar. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid ditinjau dari segi isi, penyajian, kebahasaaan dan grafika untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid ditinjau dari segi isi, penyajian, kebahasaaan dan grafika untuk siswa kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah model bahan ajar membaca teks deskripsi yang digunakan untuk menilai keterampilan membaca siswa kelas VII SMP/MTS. Diharapkan dengan adanya bahan ajar keterampilan membaca ini mampu meningkatkan minat dan keterampilan siswa dalam membaca.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 498 times
PDF - 1402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.