KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA

Falina Noor Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkatan kecepatan membaca dan membaca pemahaman mahasiswa. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Teknik analisis data adalah teknik tes. Teknik penganalisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes pemahaman bacaan berupa nilai rerata. Prosedur penganalisisan data adalah mengukur kecepatan membaca (KM), mengukur pemahaman isi (PI), dan mengukur kemampuan membaca (KMP). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kecepatan membaca mahasiswa adalah 244,83 kpm dengan pemahaman isi sebesar 61,11%. Hal ini menunjukkan bahwa kecepatan membacanya masih berada di bawah standar untuk kecepatan membaca mahasiswa, yaitu 350 kpm. Seseorang dikatakan memiliki pemahaman terhadap bahan bacaan apabila dapat menjawab pertanyaan mengenai teks antara 40—60%, dengan demikian mahasiswa telah dapat dikatakan memahami bacaan karena memiliki tingkat pemahaman 61,11%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cenderung membaca secara perlahan untuk lebih memahami isi teks, sehingga kecepatan membaca mereka berada di bawah standar, sedangkan pemahaman isinya memenuhi standar mahasiswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF - 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.