REKONSTRUKSI REALITAS PADA BERITA PEMILIHAN PRESIDEN DI MEDIA CETAK TAHUN 2014

Aby Fatwa Negara, Mulyadi Eko Purnomo, Latifah Ratnawati

Abstract


Bahasa dalam media massa tidak hanya sebagai alat untuk menggambarkan sebuah realitas, tetapi juga mampu menentukan gambaran (makna citra) mengenai realitas yang akan timbul di benak khalayak. Pemberitaan di media massa dipengaruhi oleh berbagai kepentingan yang melingkupi media tersebut. Makalah ini membahas tentang rekonstruksi realitas berita pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2014 pada surat kabar Seputar Indonesia edisi Sumatera Selatan dan Sriwijaya Post terbitan Juni--Juli 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rekonstruksi realitas pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2014 pada surat kabar Seputar Indonesia edisi Sumatera Selatan dan Sriwijaya Post ke dalam wacana berita dilihat dari struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris berita tersebut. Penelitian ini menggunakan metode linguistik deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruksionis selanjutnya dianalisis menggunakan model analisis framing yang dikembangkan oleh Pan dan Kosicki. Sumber data dalam penelitian ini adalah masing-masing 15 berita dari surat kabar Seputar Indonesia edisi Sumatera Selatan dan Sriwijaya Post terbitan Juni--Juli 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing yang dilakukan surat kabar Seputar Indonesia edisi Sumatera Selatan dan Sriwijaya Post telah berpihak pada salah satu pasangan Capres-Cawapres. Kedua surat kabar tersebut mengonstruksi realitas menjadi wacana berita tanpa memperhatikan objektivitas dan netralitas dalam wacana berita.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.